post-image

Ini Dia 6 Strategi Digital Marketing Di Tahun 2022!

Digital marketing sudah bervariasi bentuknya. Semua perusahaan membutuhkan strategi digital marketing yang terupdate dengan baik untuk mendukung kinerja perusahaannya. Sebagus apapun produk yang dihasilkan, akan sangat susah untuk berkembang dan dikenal oleh banyak orang, tanpa adanya strategi marketing yang baik.


Sehingga pemasaran dengan strategi yang baik, merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting. Terutama saat ini, disaat semua orang ingin memiliki usaha dan ingin produknya laku keras sehingga banyak pengusaha-pengusaha baru yang bermunculan.


Untuk dapat memiliki nilai yang lebih, maka salah satu pilihannya adalah melakukan strategi pemasaran dengan memanfaatkan internet atau dikenal juga dengan sebutan digital marketing.


Berikut ini, adalah beberapa tips dan juga strategi untuk melakukan pemasaran digital yang dapat kita terapkan.


Menentukan Tujuan Bisnis Yang Jelas 

Memang terdengar sepele, namun sebenarnya, ini adalah dasar yang paling penting untuk sebuah bisnis dapat menjadi besar. Memiliki tujuan yang jelas dalam bisnis, mengetahui manfaat dari bisnis ini untuk masyarakat luas dan bagaimana kita akan mencapai tujuan tersebut.

Setelah konsep tersebut kita miliki, maka langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana konsep digital marketing yang akan kita gunakan, dan menentukan cara untuk menaikkan posisi website kita di peringkat search engine.


Menentukan Target Market

Dalam strategi digital marketing, menentukan siapa yang menjadi konsumen adalah poin yang utama. Mengetahui kepada siapa iklan yang kita buat akan ditujukan akan sangat membantu keberhasilan kampanye iklan tersebut.

Tentukan siapa konsumen yang kita tuju, mulai dari jenis kelamin, umur hingga lokasi dimana konsumen tersebut berada. Lebih jauh lagi kita memperkecil target market dengan memberikan parameter khusus seperti hobi, pekerjaan, minat dan lainnya.


Pelajari kompetitor kalian

Poin penting lainnya adalah mengetahui siapa kompetitor dalam bisnis kita. Dengan mengatahui kompetitor, kita juga dapat melihat dan mempelajari strategi digital marketing mereka.

Manfaatkan tools seperti SEO optimizer untuk mengetahui kata kunci yang paling penting dari website kompetitor tersebut. Lakukan ATM (Amati Tiru Modifikasi), amati dan tiru strategi yang baik dari competitor dan kemudian lakukan modifikasi agar hasil yang kita peroleh dapat lebih baik dari mereka.


Search Engine Marketing

Search Engine Marketing adalah merupakan strategi berbayar yang memiliki tujuan untuk menaikkan visibilitas website kita di mesin pencari.

Tidak seperti SEO yang membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai halaman pertama dalam mesin pencari. Dengan metode berbayar seperti SEM, kita dapat meningkatkan secara instan posisi website kita di bagian pertama halaman pencarian.


Pemasaran Media Sosial

Media sosial adalah salah satu bagian dari internet yang paling sering dibuka oleh masyarakat, baik itu FB, IG, Youtube dan lainnya. Sehingga melakukan pemasaran melalui media sosial sangat dianjurkan.

Pemasaran Media Sosoial bisa dengan cara berbayar seperti menggunakan FB Ads atau membayar jasa influencer untuk mempromosikan produk kita, dan bisa juga dengan cara gratisan seperti memanfaatkan FB grup.


Konten Marketing

Ini adalah salah satu cara digital marketing yang telah ada sejak lama. Namun dengan meningkatnya penggunaan internet oleh masyarakat, konten marketing juga semakin banyak digunakan. Contoh dari konten marketing ini adalah membuat tulisan di blog, membuat webinar, menyebarkan ebook dan lainnya sebagainya.

Demikianlah beberapa tips dan juga strategi yang dapat kita terapkan dalam melakukan digital marketing untuk mempromosikan produk atau usaha yang kita miliki