post-image

7 Langkah Memulai Digital Marketing

1. Tentukan Buyer Persona

Buyer persona adalah profil yang mewakili target pasar produk Anda. Dengan menentukan buyer persona yang tepat, Anda pun lebih mudah menyusun strategi digital marketing yang tepat sasaran.


2. Identifikasi Kebutuhan Target Pasar

Salah satu kunci sukses digital marketing adalah kemampuan mengidentifikasi kebutuhan buyer persona atau target pasar.

Silakan cari tahu dengan terjun langsung ke lapangan dengan riset pasar, membuat Focus Group Discussion (FGD), bergabung dengan Twitter Spaces, dan sebagainya.


3. Susun Marketing Plan

 Sebagus-bagusnya produk, kalau tidak dipromosikan dengan tepat akan berisiko gagal.

Oleh sebab itu, buatlah marketing plan. Marketing plan merupakan rencana pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis pada periode tertentu.

Dengan menyusun marketing plan, seluruh strategi promosi Anda akan lebih terarah dan efisien.


4. Manfaatkan Berbagai Media Digital Marketing

Media digital marketing tersebut yaitu:

  1. Google Bisnisku;
  2. WhatsApp Bisnis;
  3. Website;
  4. Landing page;
  5. SEO;
  6. SEM;
  7. Content Marketing;
  8. Blog;
  9. Email Marketing;
  10. Video Marketing;
  11. Social Media Marketing;
  12. PPC;
  13. Native Advertising;
  14. Affiliate Marketing.


5. Terapkan Strategi Copywriting

Ada teknik khusus untuk meramu kata-kata terutama demi menyampaikan kepentingan bisnis. Inilah yang disebut dengan copywriting.

Bukan sekadar membuat kata-kata, copywriting adalah teknik membujuk pembaca untuk mengikuti perintah Anda. Entah itu bertransaksi, mendaftar, men-download, dan banyak lagi.

Untuk itu, pastikan copywriting Anda mampu menyampaikan pesan bisnis dengan baik. Sehingga, target pasar menangkap manfaat dari layanan Anda dan tahu mengapa mereka harus membelinya.


6. Gunakan Marketing Tools untuk Bisnis

 Manfaatkanlah aneka marketing tools yang sesuai kebutuhan bisnis Anda. To do list untuk mengatur daftar pekerjaan, aplikasi email otomatis, aplikasi untuk menganalisa data, hingga tools untuk membantu upaya SEO. Alhasil, manajemen project pun lebih mudah dan praktis.


7. Pahami Metrik Digital Marketing dan Evaluasi

 Bagaimana Anda bisa tahu sejauh apa strategi itu berdampak bagi bisnis kalau Anda tidak melakukan evaluasi?

Bisa jadi, strategi Anda ternyata terlalu boros dan tidak sepadan dengan keuntungannya. Atau bisa juga, rencana Anda mungkin sudah tidak relevan dengan kebutuhan target pasar.

Nah agar Anda bisa menyusun rencana marketing yang tepat sasaran, pahami metrik digital marketing dan lakukan evaluasi.

Bongkar analytics media digital marketing Anda dan lihat seberapa besar traffic-nya, impresi, conversion rate, dan metrik-metrik lainnya. Dari data yang ada, ubah menjadi informasi yang berharga bagi perkembangan bisnis.