post-image

4 Skill Wajib Dalam Copywriting

  1. 1. Kenali Audiens Terlebih Dahulu

    Hal pertama yang wajib untuk Kamu lakukan ialah dengan mengenali audiens terlebih dahulu. Mengapa kamu harus mengenali audiens terlebih dahulu? Hal ini agar Kamu bisa tahu lebih dalam tentang apa yang sedang mereka rasakan dan apa yang sedang mereka butuhkan.

    Terlebih dahulu, Kamu harus tahu siapa target audiens yang ingin dituju. Jika sudah mendapatkan target, ketahui hal apa saja yang mereka butuhkan. Buatlah tulisan tentang hal yang berkaitan dengan kebutuhan mereka tersebut. Tentu saja dengan menggunakan gaya penulisan yang komunikatif dan mudah untuk dipahami.


    2. Kupas tuntuas Manfaat serta Fitur Utama Produk

    Hal lainnya yang harus Kamu perhatikan dengan baik untuk bisa meningkatkan kemampuan copywriting ialah dengan melihat fitur apa yang bisa digunakan serta manfaat apa yang bisa Kamu dapatkan dari produk yang dipasarkan nantinya.

    Contohnya, jika ABC Firm memasarkan produk yang mereka jual ke XYZ Company, kiranya fitur serta manfaat apa yang paling penting dan paling dibutuhkan?

    Fitur dan manfaat yang paling dibutuhkan oleh XYZ Company adalah berbagai macam hal yang berkaitan dengan profitabilitas, reputasi industri, keunggulan kompetitif dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Jelaskan tentang manfaat yang akan didapatkan terlebih dahulu agar bisa menjadi solusi untuk setiap masalah yang dihadapi oleh XYZ Company. Baru setelah itu Kamu bisa menjelaskan tentang berbagai macam fitur yang dimiliki oleh produk dan layanan yang ditawarkan.


    3. Buatlah Proposisi Penjualan yang Lebih Unik

    Banyaknya pesaing yang ada saat ini memang membuat pemasaran terbilang lebih sulit.

    Namun, bukan berarti masalah tersebut tidak dapat diatasi dengan baik. Jika Kamu mengalami kesulitan dalam hal penjualan, maka buatlah sebuah proposisi penjualan yang lebih unik dan berbeda dari yang lain.


    satu trik yang bisa Kamu lakukan ialah dengan melihat dan mengamati apapun yang tidak disorot oleh pesaing.


    Meskipun, pesaing Kamu juga menyediakan produk atau layanan yang sama. Cari dan temukan berbagai macam cara yang untuk membantu klien agar produk atau layanan yang mereka miliki terlihat lebih menonjol ketimbang yang lain.

    4. Perluas Pengetahuan

    Dengan memperluas pengetahuan, Kamu bisa membuat sebuah tulisan yang berbobot dan berisi. Tak hanya itu, bahkan para pembaca juga bisa paham dengan maksud dan tujuan yang Kamu sampaikan di dalamnya.


    Untuk menjadi seorang penulis yang profesional, tentu tidak hanya sekedar memiliki modal “Yang penting bisa nulis”. Namun, Kamu juga bisa menguasai beberapa hal. Salah satunya ialah dengan menguasai copywriting.

    Copywriting ini memiliki peranan yang teramat sangat penting untuk meningkatkan penghasilan Kamu sebagai penulis artikel. Jadi, jika Kamu ingin mendapatkan penghasilan yang lebih baik dan tulisan yang lebih berbobot, maka menguasai empat prinsip copywriting di atas merupakan hal yang wajib untuk Kamu lakukan.