post-image

7 Kelebihan Digital Marketing

1. Hemat biaya

Kelebihan pertama adalah lebih menghemat biaya. Pemasaran yang dilakukan secara digital akan lebih murah, dibanding dengan pemasaran yang dilakukan secara konvensional. Pada awal proses branding, mungkin memang akan membutuhkan biaya yang besar.

Akan tetapi, setelah branded dan target konsumen sudah mulai tercapai, maka biaya pemasarannya akan semakin sedikit.

2. Tidak memerlukan banyak SDM penjualan

Salah satu sumber pengeluaran perusahaan yang terbesar pada pemasaran konvensional adalah gaji atau upah para SDMnya. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah bagi digital marketing.

Penerapan digital marketing akan membuat perusahaan lebih sedikit dalam pengeluaran upah SDM. Tidak perlu lagi membayar banyak orang untuk melakukan promosi secara berjalan. Cukup dengan menyebarkan konten promosi di berbagai media.

3. Tim pemasaran tidak terjun ke lapangan

Digital marketing merupakan sebuah strategi yang akan membuat tim tidak perlu keluar kantor atau rumah dalam mencari calon konsumen dan konsumen.

Digital marketing akan membuat tim pemasaran tidak perlu terjun secara langsung ke lapangan atau masyarakat. Mereka hanya perlu berurusan dengan laptop atau telepon dan memanfaatkan internet.

4. Proses branding produk atau jasa lebih mudah

Kelebihan selanjutnya adalah kemudahan dalam proses branding produk atau jasa. Salah satu kelemahan terbesar dari pemasaran secara konvensional adalah terkait jangkauan. Jangkauan promosi yang ingin dicapai seringkali sangat terbatas.

Di dalam strategi pemasaran konvensional, perusahaan perlu mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk melakukan branding ke konsumen dalam skala besar. Hal tersebut berbanding terbalik dengan digital marketing.

Hanya dengan satu kali unggahan atau pesan, maka dapat menjangkau banyak konsumen. Jangkauannya dapat mencapai luar kota, satu Indonesia bahkan internasional sekali pun.

5. Potensi pertumbuhan yang bagus

Kelebihan yang kelima adalah terkait potensinya. Penggunaan digital marketing akan membuat potensi pertumbuhan bisnis baik. Terutama dari segi penjualannya.

Ada banyak contoh usaha yang berhasil dan maju saat ini. Hanya dalam hitungan beberapa bulan saja, usaha-usaha tersebut dapat tumbuh dan berkembang. Dengan digital marketing, sebuah perusahaan tidak perlu menunggu 10 tahun sampai 20 tahun untuk menjadi penguasa industri.

6. Penyebaran cepat

Strategi pemasaran yang menggunakan media digital dapat sangat cepat dilakukan. Bahkan, kecepatannya dalam hitungan detik saja. Selain itu, DM dapat diukur dengan tepat dan secara real time.

7. Mudah melakukan evaluasi

Penggunaan media digital akan membuat kegiatan pemasaran langsung diketahui. Beberapa informasi penting juga dengan mudah didapatkan. Seperti berapa banyak konsumen yang melihat promosi, berapa lama produk ditonton konsumen, berapa persen konversi dari penjualan dari tiap iklan, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui informasi tersebut, selanjutnya dapat dilakukan evaluasi. Evaluasi adalah hal yang perlu dilakukan. Dengan evaluasi, perusahaan dapat selalu meninjau lebih baik sekaligus memperbaiki bila ada kesalahan yang terjadi.