)
Kelebihan Dan Kekurangan Seo Marketing
5 Kelebihan SEO
apa saja sih kelebihan dari SEO Marketing sehingga banyak perusahaan besar tertarik dengan strategi marketing satu ini? Berikut beberapa kelebihan SEO Marketing dibandingkan strategi lainnya:
1. Pembeli Potensial
Seperti yang kita tahu, Google adalah mesin pencarian informasi, itu artinya jika Anda berhasil berada di urutan teratas mesin pencari dengan kata kunci yang tepat, Anda akan mendapatkan calon pembeli yang potensial, yakni orang yang benar-benar membutuhkan produk Anda.
2. Jangkauan Luas
Karena media yang kita gunakan adalah website yang bisa diakses melalui internet, tentu saja jangkauannya akan lebih luas.
Jika kata kunci yang kita bidik merupakan kata kunci dalam skala internasional, dalam artian bukan bukan lokal, konten marketing yang kita buat melalui website akan bisa menjangkau seluruh calon pembeli yang ada di Indonesia.
Bahkan melalui website, tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan dari luar negri.
3. Potensi Tingkat Penjualan Bisa dihitung
Dalam SEO, kita mengenal yang namanya ‘search volume’ yakni data yang digunakan untuk menjelaskan seberapa banyak orang yang menggunakan kata kunci tersebut dalam periode tertentu.
Jika kita bisa mengetahui seberapa banyak jumlah voulume dari suatu kata kunci, tentu kita bisa menghitung, jikalau web kita berhasil ada di urutan teratas mesin pencari, kira-kira seberapa banyak pengunjung yang masuk ke website kita dan berhasil kita konversi menjadi penjualan?
4. Meningkatkan Awareness
Jika kita berhasil merangking halaman produk kita dengan kata kunci yang tepat, bisa dipastikan bahwa penjualan kita akan meningkat.
5. Beroperasi 24 Jam dalam Seminggu
Sama halnya ketika Anda mengganti karyawan yang bekerja dengan robot yang didesain dengan kemampuan khusus, maka oprasional penjualan bisa berjalan selama 24 Jam penuh dalam satu minggu selama Anda mau.
Begitu juga dengan website yang Anda gunakan untuk menjalankan SEO Marketing, oprasional pemasaran produk akan berjalan selama 24 dalam satu minggu, dan orang akan membeli produk Anda sesuai dengan sistem pembelian di website Anda.
3 Kekurangan SEO Marketing
Kelebihan yang kami sampaikan diatas mungkin akan membuat Anda lebih tertarik untuk menjalankan SEO Marketing. Eits sabar dulu, kurang bijak rasanya jika kita hanya tahu kelebihannya tanpa melihat kekurangan dari strategi ini.
1. Biaya Mahal
Diluar sana memang ada banyak yang mengatakan bahwa salah satu kelebihan SEO sebagai strategi marketing adalah murah, bahkan gratis.
Iya, Google memang tidak meminta bayaran jika website kita ada di urutan teratas mesin pencari. Namun jika boleh jujur, biaya yang dibutuhkan agar website kita berhasil duduk di puncak mesin pencari lumayan mahal.
Sebagai gambaran, berikut beberapa pengeluaran yang harus Anda tanggung ketika menjalankan SEO sebaga strategi marketing:
- Biaya Hosting.
- Biaya pembuatan Website (dengan asumsi Anda tidak bisa membuat website SEO Friendly sendiri).
- Biaya Pembuatan Konten (dengan asumsi Anda tidak bisa membuat konten yang SEO Friendly sendiri).
- Biaya Backlink (wajib).
2. Tidak Bisa Berjalan Tanpa Ilmu
Hal kedua ini yang biasanya menjadi jebakan ketika ada pihak yang mau terjun ke SEO Marketing, namun tidak memiliki ilmu sekali terkait SEO.
Bahkan jika kamu hendak melakukan semuanya sendiri, SEO bukan satu-satunya ilmu yang harus kita pelajari, hal lain yang tidak kalah penting adalah pembuatan konten.
berikut beberapa ilmu yang harus Anda ulik ketika memutuskan untuk menggunakan SEO Marketing:
- Coding (pengetahuan minor saja cukup, selebihnya bisa menggunakan jasa programer atau cari tutorialnya di internet untuk membangun website).
- Content Writer (pengetahuan tentang menulis konten SEO Friendly memiliki peranan sangat penting setelah website sudah jadi).
- Teknik SEO.
3. Potensi Gagal Tidak Kalah Besar
Ketika menjalankan SEO Marketing, yang kita kejar sebenarnya adalah traffic, dan halaman 1 Google dengan urutan paling atas adalah penyumbang traffic paling besar.
Kabar burknya, Google hanya menampilkan maksimal 10 website di halaman 1 mereka. Itu artinya, Google hanya akan memilih 10 website terbaik untuk muncul di halaman awal mesin pencarian mereka.
Jadi bisa disimpulkan bahwa potensi kegagalan cukup besar, apalagi jika kompetitor kita ternyata adalah perusahaan besar.
Salah satu hal yang membuat potensi kegagalan semakin besar adalah tidak invest pada ilmu, karena yang akan kita jalankan disini adalah strategi SEO, pengetahuan SEO Spesialist akan menjadi penentu.